PRODI PGSD UMADA BERBAGI LITERASI

Kegiatan berbagi literasi yang diinisiasi oleh Program Studi PGSD Universitas Madako Tolitoli yang berlangsung pada Hari Sabtu, 13 Maret 2021. Melalui program berbagi literasi ini dimaksudkan sebagai salah satu program edukasi desa yang bertujuan untuk menumbuhkan spirit literasi baca terutama anak-anak bangsa yang bersekolah di pelosok desa.

Kegiatan ini berlokasi di SDN Labengga yang merupakan salah satu sekolah yang berada di pelosok Desa Ogomuli Kec. Galang Kab. Tolitoli atau sekitar 17 Km dari permukiman wilayah perkotaan Kab. Tolitoli. Dalam kegiatan ini dihadiri oleh pengurus Himpunan Mahasiswa PGSD Universitas Madako Tolitoli dan didampingi oleh 5 orang dosen Prodi PGSD.

Kunjungan berbagi literasi ini disambut baik oleh pihak kepala sekolah SDN Labengga dalam hal ini Bapak Subhan, A.Ma yang diwakili oleh Ibu Fitriani, S.Pd.I. yang tentunya sangat mengapresiasi kegiatan berbagi literasi ini dan harapannya agar kegiatan yang dilangsungkan di sekolahnya tersebut tidak cukup sampai di hari ini saja.

Dalam kesempatan itu juga, ketua Program Studi PGSD Bapak Moh. Rudini, S.Pd., M.Pd. juga berpesan kepada pihak sekolah bahwa “dengan diberlakukannya kurikulum perguruan tinggi yang baru yang dinamai Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), kedepan mahasiswa Program Studi PGSD akan diarahkan melakukan program magang atau asistensi pengajaran di berbagai sekolah dasar. Program magang ini nuansanya akan berbeda dengan program magang pada penerapan kurikulum sebelumnya, jika dalam kurikulum perguruan tinggi sebelumnya biasanya berlangsung selama 3 bulan dalam 1 semester, pada penerapan kurikulum MBKM ini mahasiswa akan menjalani program magang selama 6 bulan dalam 1 semester dan bahkan bisa berlangsung selama 2 semester, sehingga dengannya memberikan waktu yang banyak kepada mahasiswa untuk menambah pengalaman dan berkonstribusi dalam kegiatan sekolah selama mereka menjalani program magang tersebut”. Disampaikan lebih lanjut oleh Ketua Program Studi PGSD bahwa “harapannya sekolah SDN Labengga ini bisa menjadi salah satu sekolah yang disasari oleh Program Studi PGSD Universitas Madako sebagai lokasi program magang mahasiswa PGSD kedepannya”.

Ada banyak kesan-kesan menarik selama berkegiatan di SDN Labengga ini, mulai dari saat menuju ke lokasi kegiatan yang diperhadapkan dengan rute yang sangat menantang dan melintasi wilayah perbukitan Labengga yang terjal namun kendati demikian tak menyurutkan semangat para mahasiswa dan dosen pendamping dalam kegiatan tersebut.

Sebagai bagian terpenting dari program berbagi literasi ini, beragam buku bacaan yang diserahkan oleh Pihak Program Studi PGSD Universitas Madako Tolitoli kepada siswa-siswi SDN Labengga seperti buku pelajaran sekolah SD, cerpen, buku cerita anak, buku pengetahuan teknologi, buku-buku agama dan lain sebagainya dengan harapan dapat menjadi tambahan referensi kepustakaan sekolah sekaligus dapat menjadi pendorong dalam meningkatnya minat baca anak-anak di sekolah tersebut.

Selain berbagi literasi, juga diselingi dengan kegiatan outbond yang dipandu langsung oleh pengurus himpunan mahasiswa PGSD demi menguatkan hubungan emosional mereka dengan anak-anak di sekolah tersebut. Tentu dalam perlibatan mahasiswa PGSD pada kegiatan berbagi literasi ini tiada lain untuk memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa mengingat posisi mereka saat ini adalah mahasiswa calon guru SD yang mau tidak mau, suka tidak suka kedepannya akan menjalin hubungan sosial dengan anak-anak usia sekolah dasar.

Penulis:
Hamna, S.Pd., M.Pd.
Dosen PGSD Universitas Madako Tolitoli

PRODI PGSD UMADA BERBAGI LITERASI

WhatsApp Image 2021-03-18 at 08.35.02(1)
WhatsApp Image 2021-03-18 at 08.35.01(1)
WhatsApp Image 2021-03-18 at 08.35.02
WhatsApp Image 2021-03-18 at 08.35.00
WhatsApp Image 2021-03-18 at 08.35.01
WhatsApp Image 2021-03-18 at 08.35.02(1) WhatsApp Image 2021-03-18 at 08.35.01(1) WhatsApp Image 2021-03-18 at 08.35.02 WhatsApp Image 2021-03-18 at 08.35.00 WhatsApp Image 2021-03-18 at 08.35.01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.